Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal

Konsultasi Kesehatan Wanita Online - Kali Ini Akan Membahas Tentang berat badan ideal, berat badan ideal wanita, berat badan dan tinggi badan ideal bayi, berat badan ideal bayi, berat badan ideal ibu hamil, berat badan ideal wanita berdasarkan umur


Apakah anda mempunyai berat badan yang normal ?

Banyak faktor menjadi penentu bagaimana seseorang berada dalam keadaan sehat yang optimal. Salah satu diantaranya adalah bahwa ia mempunyai berat badan ideal.
Konsultasi Kesehatan Wanita Online

Berat badan tidak diukur memakai sebuah timbangan badan melainkan diukur dengan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index  (BMI)

IMT adalah berat badan ( kg)  di bagi tinggi badan (mtr) x tinggi badan (mtr) dan rumus ini hanya bermakna pada mereka yang berusia 20 tahun keatas.

Apabila IMT berada di bawah 18,5 maka orang termasuk kekurangan berat badan dan tentu saja ini bukan keadaan yang sehat.

Bila IMT berkisar antara 18.6 - 24.9 maka orang berada dalam keadaan normal atau mempunyai  IMT yang ideal.

Dengan IMT yang berkisar antara 25 - 29.9 maka seseorang  mempunyai berat badan berlebihan dan cenderung tidak sehat.

IMT diatas 30 menunjukkan keadaan yang berbahaya dan bisa memgarah pada banyak penyakit dan komplikasi. 

Disamping IMT maka lingkar perut juga merupakan indikator yang penting.
Seorang wanita normal mempunyai lingkar perut kurang dari 88 cm. dan untuk pria nilai itu hendaknya dibawah 102 cm.

Kedua nilai ini (IMT dan lingkar perut) hanya merupakan sebagian alat ukur kesehatan yang ada. Tidak berarti bahwa dengan IMT 23 seseorang bisa merasa aman.... Sebab dengan bertambahnya waktu sangat mungkin IMT akan meningkat. Khususnya wanita  yang mendekati  usia 40 tahun harus berhati-hati karena pd usia ini berat badan akan meningkat secara perlahan.

Selain itu hanya mengukur IMT tanpa mengukur lingkar perut juga tidak berarti. Kalau ada 2 orang yang sama2 mempunyai IMT dengan nilai 23 sementara seorang mempunyi lingkar perut 120 cm dan lainnya hanya 90 cm saja ... maka orang dengan lingkar perut 120 cm mempunyai resiko penyakit degeneratif yang lebih besar.  ( meski IMT nya normal).

Mau Tau Cara Cek Gizi ? Yuk Cek Aja
Share on Google Plus

About Konsultasi Kesehatan Wanita Online

Dr. Nannerl Hoetarjo - Saya Akan Berbagi Info Tentang Kesehatan, Baik Tentang Diet, Cara Mengecilkan Perut Alami, Cara Awet Muda Alami, Cara Menjaga Kesehatan, Cara Mengatur Pola Makan. Yuk Konsultasi, GRATIS Loh Tanpa Dipungut Biaya Apapun. +6281-796-23443 (Call/SMS) 7FBD23E9 (Pin BBM)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar